Man Jadda Wajada

Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Dia Yang Akan Berhasil


PERANCANGAN  DAN  PEMBUATAN  SOFTWARE TIMBANGAN BUAH  ELEKTRONIK  SISTEM  DIGITAL DENGAN OUTPUT SUARA  DISERTAI  TAMPLAN  PADA LCD BERBASIS  MIKROKONTROLER ATMEGA16


Proposal Proyek Akhir
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menelesaikan Program Studi D III
Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
 






Oleh :
REZA AFRI RAMADONI
03300/2008
Program Studi Teknik Elektronika





JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011







BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia elektronika saat ini semakin pesat, disetiap kegiatan bisa didapatkan segala kemudahan. Semakin mudah untuk  menggunakannya sehingga membuat manusia semakin ringan dalam menyelesaikan sebuah masalah atau pekerjaan tertentu. Hal itu dapat diraih dengan menciptakan berbagai alat yang tersistem secara otomatis. Misalnya, saat ini alat penimbangan ditemui umumnya masih berupa timbangan konvensional belum berupa timbangan elektronik. Berat barang yang ditimbang tidak bisa ditentukan dengan tepat sehingga hal ini dirasakan kurang efektif dan efisien.
Penggunaan timbangan berat sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang jual beli barang. Timbangan berat ini banyak ditemui di pasar tradisional, toko kelontong maupun warung yang menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Namun timbangan yang ditemui umumnya masih berupa timbangan konvensional. Kelemahan timbangan konvensional ini antara lain : Berat barang yang ditimbang tidak bisa ditentukan dengan tepat, diperlukan pengecekan berkala tentang keakuratan timbangan tersebut. Timbangan elektronik dapat menjawab semua kelemahan timbangan konvensional ini. Namun timbangan ini umumnya hanya ditemui di toko yang



menjual buah-buahan segar (Fruit Shop). Hal ini disebabkan harga timbangan elektronik tersebut relative mahal.
Timbangan-timbangan elektronik yang sudah pernah dibuat dalam bentuk proyek akhir dan tugas akhir antara lain : timbagan berat badan manusia yang terkomputerisasi dibuat oleh : mahasiswa D3 Teknik Elektronika Rahmat Taufiq, Bp/Nim 2003/41328 dengan judul “Pengembangan Alat Pengukur Berat Badan Manusia Dengan Mengunakan Loadcell Berbasis PC”. Sedangkan Yohana Dewi, Bp/Nim 2004/49363 dengan judul “Pengembangan Software Pengukur Berat Badan Manusia Dengan Mengunakan Loadcell Berbasis PC”. Dalam proyek akhir ini sensor ultrasonic sebagai sensor tinggi dan loadcell sebagai sensor berat. Mahasiswa D3 Teknik Elektronika oleh : Robi Saputra, Bp/Nim 2006/74136 dengan judul Perancangan dan Pembuatan Alat Pengolah Data Jati Diri Bayi Berbasis Mikrokontroler AT89S51. sedangkan Nikey Yolanda, Bp/Nim 2006/74137 dengan judul Perancangan dan Pembuatan Software Pengolah Data Jati Diri Bayi Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Dalam Proyek Akhir ini Sensor ultrasonic mengeluarkan pulsa output high pada ping SIG, setelah memancarkan gelombang ultrasonic dan gelombang pantulan terdeteksi Ping akan membuat output low pada pin SIG. Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika oleh : Seprizal Irawan, Bp/Nim 2004/48986  dengan judul “Rancang Bagun Sistem Timbangan Digital Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535”. Dalam Tugas akhir ini diintegrasikan dengan perangkat elektronik seperti mikrokontroler sebagai kendali program dan sensor massa loodcell single point type.
Timbangan yang dirancang diaplikasikan untuk menimbang berat buah-buahan. Untuk mendeteksi berat timbangan digunakan sensor berat (load cell). Sensor berat ini akan mengkonversikan gaya tekanan ke dalam bentuk tegangan. Tegangan yang masih berbentuk analog ini dikonversikan menjadi besaran digital menggunakan ADC (Analog Digital Converter) yang terdapat di dalam mikrokontroler ATMEGA16. Selanjutnya mikrokontroler ATMega16 akan memproses besaran digital tersebut dan menampilkan nilai berat yang telah ditimbang pada layar LCD (Liquid Crystal Display). Nilai ini juga disuarakan pada speaker melalui IC Chipcorder ISD25120.
Pada timbangan elektronik tersebut juga dilengkapi dengan keypad yang berfungsi memasukkan kode barang, dalam hal ini kode barang tersebut sudah ditentukan dan tersimpan pada EEPROM mikrokontroler ATMega16. Jadi pada saat buah diletakkan di atas timbangan, nilai berat buah tersebut tampil secara otomatis pada LCD (Liquid Crystal Display), disertai dengan kode buah, nama buah dan harga buah tersebut. Sistem juga memiliki fasilitas yang mampu menyimpan data transaksi (maksimal 60 transaksi), sehingga penjual dapat melihat data transaksi pada hari tersebut.
Dari uraian diatas Penulis membuat sebuah Proyek Akhir yang berjudul “Perancangan dan Pembuatan software Timbangan Buah Elektronik Sistem Digital dengan Output Suara disertai Tampilan Pada LCD Berbasis Mikrokontroler ATMEGA16 ’’. Sedangkan bagian Hardware dibuat oleh Zaldel Tanjung (2008/06219) dengan judul “Perancangan dan Pembuatan Alat Timbangan Buah Elektronik Sistem Digital dengan Output Suara disertai Tampilan Pada LCD Berbasis  Mikrokontroler ATMEGA16 ’’. 

B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1.  Bagaimana merancang dan membuat software Mikrokontroler ATMEGA16 Pada Timbangan Elektronik.
2.  Bagaimana mengaplikasikan bahasa pemrograman BASCOM-AVR dengan mikrokontroler ATMEGA16.
3.  Bagaimana merancang dan membuat software data suara yang dikeluarkan melalui speaker kemudian tersimpan pada memori IC Chipcorder ISD25120.
4.      Bagaimana cara menampilkan kode buah, berat buah, dan harga buah pada LCD (Liquid Crystal Display).
5.      Bagaimana cara mengukur berat buah yang ditimbang pada timbangan buah elektronik.

C.      BatasanMasalah
Berdasarkan latar belakang masalah, dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Software yang dirancang dikendalikan oleh mikrokontroler ATMEGA16 dan terdiri dari komponen pendukung: sensor berat (loadcell), keypad, IC Chipcorder ISD25120, LCD (Liquid Crystal Display). 
2 .   Menjelaskan program pengendali peralatan menggunakan bahasa pemrograman BASCOM-AVR.
3.    Perancangan Software untuk proses pengiriman kode buah dari keypad sebagai input data yang ditampilkan pada LCD (Liquid Crystal Display) untuk mengetahui harga.
4.      Membuat batas ukur timbangan buah elektronik dengan batasan minimal 0,00 kg dan batasan maksimal 5,00 kg.

D.      Perumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah dapat dirumuskan permasalahannya yaitu Bagaimana Merancang dan Membuat Software Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA16 Pada Timbangan Elektronik”.

E.       Tujuan Proyek Akhir
Tujuan dari perancangan Proyek Akhir ini adalah sebagai berikut:
1.    Perancangan software yang mampu menampilkan kode buah, harga buah dan berat buah yang ditimbang pada layar LCD (Liquid Crystal Display) dengan menggunakan mikrokontroler ATMEGA16 sebagai pengendali.
2.    Untuk mendayagunakan mikrokontroler ATMEGA16 sebagai pengendali dari peralatan yang dirancang.
3.    Terbentuknya software untuk proses pemasukan kode buah kemudian ditampil kan pada LCD (Liquid Crystal Display) dan disimpan pada EEPROM mikrokontroler ATMEGA16.

F.     Manfaat Proyek Akhir
Adapun manfaat dari perancangan dan pembuatan proyek akhir ini adalah sebagai berikut:
1.      Memberikan kemudahan dalam menimbang buah dan hasil penimbangan buah dapat ditampilkan pada layar LCD (Liquid Crystal Display) dengan menggunakan  mikrokontroler ATMEGA16 sebagai pengendali.
2.      Diperolehnya suatu software Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA16 pada timbangan elektronik.
3.      Memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli buah karena pada saat timbangan ini diaplikasikan akan mengeluarkan output suara pada speaker yang terprogram pada IC  Chipcorder ISD25120.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan

Enter your email address:

animasi bergerak naruto

Assalamu'alaikum....

"Tetaplah Rendah Hati Meski Diberi Kelebihan , Karena Cahaya Ilmu Takkan Hadir Direlung Hati Yang Angkuh"


Artikel Pilihan

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers


SILAHKAN COPY PASTE


Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Arsip

Info Pengunjung Hari Ini

Kategori

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
free counters