Man Jadda Wajada

Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Dia Yang Akan Berhasil




PROYEK AKHIR
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Program Study D III Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang


Oleh :
ZALDEL TANJUNG
06219/2008



Kosentrasi : Teknologi Sistem Komputer



PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA
JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam era globalisasi sekarang ini hampir semua aktivitas dan kegiatan dilakukan dengan teknologi canggih, sehingga dapat mempermudah manusia dalam melaksanakan kebutuhannya. Apalagi dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka diperlukan suatu metode yang dapat mempermudah untuk mengetahui ilmu-ilmu tersebut.
Seiring dengan perkembangan dunia elektronika dan teknologi, kemudahan itu dapat diraih dengan menciptakan berbagai alat yang bekerja secara otomatis. Misalnya pada penggunaan timbangan berat sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang jual beli barang. Timbangan berat ini banyak ditemui di pasar tradisional, toko kelontong maupun kedai-kedai yang menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Namun timbangan yang ditemui umumnya masih berupa timbangan konvensional, belum berupa timbangan elektronik. Kelemahan timbangan konvensional ini antara lain : berat barang yang ditimbang tidak bisa ditentukan dengan tepat, diperlukan pengecekan berkala tentang keakuratan timbangan tersebut. Timbangan elektronik dapat menjawab semua kelemahan timbangan konvensional serta di aplikasikan bagi tunanetra (orang buta). Namun timbangan ini umumnya hanya ditemui di toko yang menjual buah-buahan segar (Fruit Shop). Hal ini disebabkan harga timbangan elektronik tersebut relatif mahal.
Berbagai timbangan elektronik sistem digital sudah banyak di buat oleh mahasiswa dalam meyelesaikan studinya seperti : Rahmat Taufiq, Bp/Nim 2003/41328 dan Yohana Dewi, Bp/Nim 2004/49263 Program Studi Teknik Elektronika dengan judul “Pengembangan Alat Pengukur Berat Badan Manusia Dengan Mengunakan Loadcell Berbasis PC”. Dalam pembuatan alat ini sensor ultrasonic sebagai sensor tinggi dan loadcell sebagai sensor berat. Disusul pula tugas akhir yang di buat oleh Seprizal Irawan, Bp/Nim 2004/48986 Program Studi Pendidikan Teknik Elekronika dengan proyek akhir yang berjudul “Rancang Bagun Sistem Timbangan Digital Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535”. Dalam pembuatan alat ini diintegrasikan dengan perangkat elektronik seperti mikrokontroler sebagai kendali program dan sensor massa loodcell single point type. Seiring dengan itu dibuatlah proyek akhir oleh Robi Saputra, Bp/Nim 2006/74136 dan Nikey Yolanda Bp/Nim 2006/74137 Program Studi  Teknik Elektronika dengan proyek akhir yang berjudul Perancangan dan Pembuatan Alat Pengolah Data Jati Diri Bayi Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Dalam pembuatan alat ini Sensor ultrasonic mengeluarkan pulsa output high pada ping SIG setelah memancarkan gelombang ultrasonic dan setelah gelombang pantulan terdeteksi  Ping akan membuat output low pada pin SIG.
Berdasarkan Penjelasan di atas, Penulis mencoba merancang dan membuat suatu alat timbangan elektronik menggunakan mikrokontroler sebagai pengendali. Pada timbangan elektronik ini untuk pendeteksi berat buah-buahan menggunakan sensor berat load cell. Sistem yang dirancang juga dilengkapi dengan keypad yang berfungsi memasukkan  kode buah-buahan, kodenya disimpan pada EEPROM (Electrically Erasable Programmble Read-Only Memory) mikrokontroler Atmega16. Pada saat buah-buahan diletakkan di atas timbangan, nilai beratnya tampil secara otomatis pada LCD (Liquid Crystal Display), disertai dengan output suara pada speaker, data suara yang dikeluarkan melalui speaker tersebut tersimpan pada memori IC Chipcorder ISD25120.
Dalam hal ini dituangkan dalam bentuk Proyek Akhir yang berjudul “Perancangan dan Pembuatan Alat Timbangan Buah Elektronik Sistem Digital dengan Output Suara Disertai Tampilan Pada LCD Berbasis Mikrokontroler Atmega16’’.  Sedangkan bagian software dikerjakan oleh Reza Afri Rahmadhoni (2008/03300) dengan judul “Perancangan dan Pembuatan Software Timbangan Buah Elektronik Sistem Digital dengan Output Suara Disertai Tampilan Pada LCD Berbasis Mikrokontroler Atmega16’’. 
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana merancang alat timbangan buah elektronik dengan mengunakan sensor berat loadcell.
2.    Bagaimana merancang alat timbangan buah elektronik dengan mengunakan Mikrokontroler Atmega16 sebagai pengendali.
3.    Bagaiman merancang alat timbangan buah elektronik dapat ditampilkan pada LCD (Liquid Crystal Display).
4.    Bagaimana merancang dan membuat data suara yang tersimpan pada memory IC Chipcorder ISD25120.

C.     Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang ada, pembatasan masalah Proyek Akhir (PA) ini adalah sebagai berikut :
1.    Perancangan dan pembuatan rangkaian sensor berat loadcell sebagai pengukur berat pada buah-buahan dengan maksimal berat beban yang terukur 8 Kg.
2.    Perancangan dan pembuatan rangkaian MC mikrokontroler Atmega16 sebagai pengendali pada timbagan buah elektronik.
3.    Perancangan dan pembuatan alat penampil data dalam bentuk data LCD.
4.    Perancangan dan pembuatan rangkaian IC chipcorder ISD25120 sebagai penyimpan data suara.

D.    Perumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah dapat dirumuskan permasalahannya yaitu  “Bagaimana Merancang dan Membuat Alat Timbangan  Buah Elektronik Sistem Digital dengan Output Suara Berbasis Mikrokontroler Atmega16 ’’.

E.     Tujuan Proyek Akhir
Tujuan dari perancangan dan pembuatan proyek akhir ini adalah sebagai berikut:
1.    Membuat suatu peralatan yang mampu menampilkan berat buah, harga buah yang ditampilkan pada layar LCD dengan menggunakan mikrokontroler Atmega16 sebagai pengendali.
2.    Untuk mendayagunakan mikrokontroler Atmega16 sebagai pengendali dari peralatan yang dirancang.
3.    Merancang dan menbuat timbangan buah elektronik yang lebih teliti dan diaplikasikan terutama bagi tunanetra..
4.    Mengaplikasikan aspek-aspek teoritis dan konsep-konsep yang diperoleh di bangku kuliah.
F.     Manfaat Proyek Akhir
Adapun manfaat dari perancangan dan pembuatan proyek akhir ini adalah sebagai berikut:
1.    Memberikan kemudahan dalam menimbang buah dan hasil penimbangan dapat ditampilkan pada layar LCD (Liquid Crystal Display) dengan menggunakan  mikrokontroler Atmega16 sebagai pengendali.
2.    Memberikan nilai kemajuan khususnya dibidang teknologi karena saat ini kebanyakan timbangan dipasaran pengontrolnya masih secara manual.
3.    Memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli buah (khususnya bagi tunanetra) karena pada saat timbangan ini diaplikasikan akan mengeluarkan output suara pada speaker yang simpan pada IC  Chipcorder ISD25120.




0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan

Enter your email address:

animasi bergerak naruto

Assalamu'alaikum....

"Tetaplah Rendah Hati Meski Diberi Kelebihan , Karena Cahaya Ilmu Takkan Hadir Direlung Hati Yang Angkuh"


Artikel Pilihan

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers


SILAHKAN COPY PASTE


Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Arsip

Info Pengunjung Hari Ini

Kategori

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
free counters