Man Jadda Wajada

Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Dia Yang Akan Berhasil


Saat menggunakan solder ada saatnya dimana solder berada pada keadaan tidak digunakan atau dalam kondisi siaga (standby), pada keadaan ini tentu-nya solder tidak membutuhkan daya panas solder yang 100%. Pada solder jenis tertentu telah aplikasikan sebuah fitur dimana pada kondisi siaga solder akan menurunkan daya panasnya secara otomatis tetapi solder jenis ini tidak murah tentu-nya. Lalu bagaimana kita mengaplikasikan fitur pengatur panas ini pada solder biasa?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah ‘Dioda’, Ya! dengan sebuah dioda kita dapat membuat pengatur panas solder sederhana. Dengan menggunakan prinsip dari penyearah setengah gelombang dimana arus DC yang dihasilkan oleh penyearah setengah gelombang ini hanya 0,318 dari arus AC maksimum.

PERINGATAN : Tips dan Trik ini melibatkan sumber tegangan 220VAC yang dapat menyebabkan “Electrical Shock / Kejutan Listrik” dan dapat mengakibatkan cedera serius bahkan hilangnya nyawa. Ketelitian dan kehati-hatian diperlukan untuk melakukan tips dan trik ini.

Dengan menambahkan dioda secara seri dengan elemen solder seperti diilustrasikan pada gambar di bawah, membuat solder menjadi rangkaian penyearah setengah gelombang.



Untuk membuat pengatur panas solder tersebut lebih fleksibel, tambahkan sakelar yang digunakan sebagai ‘bypass’. Sehingga nanti-nya solder akan memiliki dua pengaturan yaitu ‘High’ dan ‘Low’ seperti diilustrasikan pada gambar di bawah. Dimana pada saat solder digunakan sakelar pada posisi ‘High’, sedangkan jika sakelar berada posisi ‘Low’ digunakan pada saat solder dalam keadaan siaga (standby).



Dioda dan sakelar yang digunakan hendaknya memiliki rating minimal 5A / 300V.
Dengan menambahkan fitur pengatur panas pada solder biasa, kita mendapat dua keuntungan. Pertama, elemen solder menjadi lebih tahan lama. Kedua, kita dapat menghemat energi listrik karena pada saat siaga solder tidak menggunakan seluruh daya panasnya.

Sumber referensi

  • Electrical and Electronic Principles and Technology, Third Edition, John Bird, Elsevier Ltd, 2007

12 komentar:

maaf gan mau tanya.tp aga melenceng.. saya punya solder goot merk baku cs-30. si baut buat pengunci mata solder nya sudah susah d lepas sperti nempel .alhasil pas saya mau ganti mata solder nya.saya tarik pkai tang mata solder nya.skrg bngung deh pasang mata solder yg baru.bisa si bisa gan masuk k lobang nya.tp kendor mata solder nya krna baut pengunci nya susah d putar.. rencana nya saya mau bawa k tukang las. mau saya las kepala solder dan mata soldernya. apakah bisa atau ngga gan? fast respon gan.. mksh

Maaf gan mau tanya diodenya pakai yang berapa?

maaf sya mau nanya,lw bikin solder paku langsung ke listrik bisa g?

maaf sya mau nanya,lw bikin solder paku langsung ke listrik bisa g?

bisa

Maaf mas mau tanya itu pake dioda yg berapa ya soal'a solder saya yg 60wat

nice infonya gan, terimakasih
https://www.tokopedia.com/mmionline/etalase/blower-solder-uap

okay min
solder uap

2 amper, yg 4007 1000 v

makasih sudah share
elemen solder

infonya sangat bermanfaat bagi ane
pinset cody ori

Nanti kl mo ganti lg mt solder nya lbh ssh lg kl ud dilas..buka baut pk tang/bor

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan

Enter your email address:

animasi bergerak naruto

Assalamu'alaikum....

"Tetaplah Rendah Hati Meski Diberi Kelebihan , Karena Cahaya Ilmu Takkan Hadir Direlung Hati Yang Angkuh"


Artikel Pilihan

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers


SILAHKAN COPY PASTE


Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Arsip

Info Pengunjung Hari Ini

Kategori

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
free counters