Man Jadda Wajada

Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Dia Yang Akan Berhasil


Futsal  - olahraga mengolah  bola lima lawan lima sekarang  begitu mendunia.  Menurut  data FIFA,  saat  ini futsal dimainkan  oleh  jutaan  orang  di  lebih dari 100 negara  di seantero  jagat. Bagaimanakah  sejarah kemunculan  dan perkembangannya?
Sejarah mencatat,  ada sebuah  permainan  sepak bola dalam  ruangan  yang  pernah  dimainkan  di Kanada  pada 1854. Versi  resminya,  futsal baru muncul  dan berkembang pada  kisaran 30-an, tepatnya menjelang Piala Dunia  pertama pada 1930  di Uruguay. Pelatih asal Argentina  bernama Juan Carlos Ceriani  dibaptis sebagai  penemunya.
Ceritanya begini. Ceriani yang  saat  itu mengabdi  kepada timnas Portugal merasa sangat dongkol  dan  sebal  terhadap cuaca  yang ada di Montevideo, tempat  tim asuhannya berlatih. Hujan  yang mengguyur  terus- menerus membuat  rencananya berantakan.  Jadwal  latihan yang  telah disiapkannya  batal gara-gara  lapangan  tergenang air akibat diguyur hujan  deras.Rencana  partai persahabatan  pun mesti  ditunda  dengan alasan  yang sama.
Tidak  ingin segala  yang  telah disusunnya sia-sia, Ceriani pun memikirkan  sebuah jalan  keluar.  Akhirnya, tercetuslah  ide untuk memindahkan arena  latihan  ke  lapangan basket  setempat  yang  berada  di dalam  ruangan. Bebas hujan, anti becek, dan jauh dari banjir.
Awalnya,  Ceriani  sekadar memindahkan  tempat  bermain. Dari lapangan  di  luar ruangan  ke dalam  ruangan.  Segala  hal lainnya murni sama  dengan  sepak bola.  Jumlah  pemain untuk tiap-tiap  tim tetap sebelas.  Begitu  pula  dengan perlengkapan permainan.
 Kemudian, setelah beberapa  lama, oleh Ceriani,  permainan bola  dalam  ruangan  ini dikembangkan  dengan  sejumlah  aturan bermain  yang sedikit  beda dengan  sepak bola biasanya.
Lapangan yang  lebih sempit membuat Ceriani  mengurangi jumlah  pemain di  tiap-tiap  tim agar bola bisa  lebih  lancar bergerak. Dianggap  menarik,  sepak bola  dalam  ruangan  ciptaan Ceriani mulai menarik minat. Anak-anak  di Kota Montevideo mulai banyak mencoba permainan  baru  ini.
Perseteruan dan persaingan  Argentina versus  Brasil dalam  sepak  bola  ternyata merembet ke  futsal.  Masyarakat Brasil  tidak bisa menerima begitu  saja  klaim  bahwa futsal diciptakan  oleh orang Argentina. Mereka punya cerita sendiri.
Pada waktu yang bersamaaan dengan berkembangnya futsal ala Ceriani,  di Brasil  rupanya ada permainan  serupa.  Ada sedikit perbedaan.  Di Brasil,  olahraga ini dimainkan di  jalan-jalan  kaota tanpa peraturan  yang baku.
Masyarakat Brasil malah  berkata bahwa  olahraga itu telah ada  jauh  sebelum  Ceriani menciptakan  futsal. Meski dituding hanya mencontek,  nama Ceriani  tetap diabadikan sebagai penemu futsal.  

Sumber: Majalah Soccer Series (Kamus Pintar FUTSAL)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan

Enter your email address:

animasi bergerak naruto

Assalamu'alaikum....

"Tetaplah Rendah Hati Meski Diberi Kelebihan , Karena Cahaya Ilmu Takkan Hadir Direlung Hati Yang Angkuh"


Artikel Pilihan

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers


SILAHKAN COPY PASTE


Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Arsip

Info Pengunjung Hari Ini

Kategori

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
free counters